Jenifer, Sisca (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT DAN POWER POINT PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142131015 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM 4142131015 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3. NIM 4142131015 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 4142131015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 4142131015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
6. NIM 4142131015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
7. NIM 4142131015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM 4142131015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM 4142131015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
10. NIM 4142131015 BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
14. NIM 4142131015 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
15. NIM 4142131015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning menggunakan media handout dan power point. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang berjumlah 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Data hasil belajar siswa diambil dengan instrumen tes objektif sebanyak 16 butir soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitasnya. Data untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa digunakan instrumen tes essay yang terdiri dari 3 butir soal. Berdasarkan data hasil uji normalitas dan homogenitas pretest, posttest, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas Eksperimen I dan kelas Eksperimen II didapatkan hasil bahwa data pretest, posttest dan kemampuan berpikir kritis siswa kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji dua pihak Independent Sample T-Test. Untuk uji hipotesis I diperoleh hasil sig. 0,018 (sig. < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning menggunakan media handout dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning menggunakan media power point pada materi larutan penyangga. Untuk uji hipotesis II diperoleh hasil sig. 0,001 (sig. < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning menggunakan media handout dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning menggunakan media power point pada materi larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 082 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; hasil belajar; kemampuan berpikir kritis; handout; power point; larutan penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:43 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34805 |