PAKPAHAN, MONALISA (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM GRAVITASI NEWTON DAN HUKUM KEPLER DI KELAS X MIA SEMESTER II SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143121035. COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 4143121035. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 4143121035. BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4. NIM. 4143121035. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
5. NIM. 4143121035. PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 4143121035. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7. NIM. 4143121035. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
8. NIM. 4143121035. TABLE.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
9. NIM. 4143121035. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
10. NIM. 4143121035. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
14. NIM. 4143121035. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
15. NIM. 4143121035. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum gravitasi Newton dan hukum Kepler kelas X MIA semester II di SMA N 13 Medan T.P 2017/2018 dan (2) mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 13 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA IV sebagai kelas eksperimen menggunakan model discovery learning dan kelas X MIA VII sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen tes berbentuk pilihan berganda. Instrumen non tes yaitu instrumen observasi aktivitas belajar siswa kelas eksperimen. Hasil penelitian nilai posttest lebih baik di kelas eksperimen dan aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen meningkat di setiap pertemuan. Nilai pretest dan posttest telah diuji dengan statistik yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05, yang berarti Ha diterima. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum gravitasi Newton dan hukum Kepler kelas X MIA semester II di SMA N 13 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 079 |
Keywords: | MODEL DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:41 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34801 |