PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL DI KELAS X SMA

MAYASARI, LINDA (2018) PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141131030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141131030 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141131030 APPROVAL SHEET LEMBAR PENGESAHAN scan.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141131030 APPROVAL SHEET LEMBAR PENGESAHAN scan.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141131030 CURRICULUM VITAE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141131030 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141131030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141131030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141131030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141131030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141131030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141131030 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141131030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4141131030 TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141131030 TABLE.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141131030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141131030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4141131030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4141131030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141131030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141131030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4141131030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4141131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis model pembelajaran, bahan ajar dan interaksi antara jenis model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA NEGERI 21 Medan, yakni sebanyak 7 kelas. Sampel diambil dengan dua tahap, yaitu : sampel kelas diambil 4 kelas secara teknik sampling sederhana, selanjutnya sampel siswa diambil purposif 15 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Ada dua faktor yang dicobakan yaitu faktor A : model pembelajaran yang terdiri dari dua yaitu A1= model pembelajaran STAD dan A2 = model pembelajaran Jigsaw, faktor B : bahan ajar yang terdiri dari dua, yaitu B1 = bahan ajar Handout dan B2 = bahan ajar LKS. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung (AB) > Ftabel atau 9,67 > 4,00 artinya ada interaksi antara model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa dan Fhitung (A) dan Fhitung (B) > Ftabel artinya ada pengaruh model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan menggunakan bahan ajar LKS memberikan rataan hasil belajar siswa yang tertinggi yaitu 83,33 ± 8,38. Sebaliknya, siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw dengan menggunakan bahan ajar LKS memberikan rataan hasil belajar yang paling rendah yaitu 75,67 ± 5,74. Selanjutnya, diperoleh bahwa rataan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar Handout dikombinasikan dengan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan model STAD yaitu, 83,00 ± 8,19 dan 82,67 ± 7,98. Pada uji pengaruh sederhana sebaiknya siswa yang akan diberi bahan ajar LKS menggunakan jenis model pembelajaran STAD sedangkan siswa yang akan diberi bahan ajar Handout dapat diajarkan menggunakan jenis model pembelajaran Jigsaw ataupun STAD karena secara statistik tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil kedua model pembelajaran tersebut pada bahan ajar Handout.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 084
Keywords: Model pembelajaran, Bahan ajar, Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:36
Last Modified: 27 Feb 2020 06:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34795

Actions (login required)

View Item
View Item