MAYASARI, LINDA (2018) PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141131030 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4141131030 APPROVAL SHEET LEMBAR PENGESAHAN scan.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
3. NIM. 4141131030 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 4141131030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
5. NIM. 4141131030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
6. NIM. 4141131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 4141131030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 4141131030 TABLE.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM. 4141131030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM. 4141131030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM. 4141131030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (718kB) | Preview
15. NIM. 4141131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis model pembelajaran, bahan ajar dan interaksi antara jenis model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA NEGERI 21 Medan, yakni sebanyak 7 kelas. Sampel diambil dengan dua tahap, yaitu : sampel kelas diambil 4 kelas secara teknik sampling sederhana, selanjutnya sampel siswa diambil purposif 15 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Ada dua faktor yang dicobakan yaitu faktor A : model pembelajaran yang terdiri dari dua yaitu A1= model pembelajaran STAD dan A2 = model pembelajaran Jigsaw, faktor B : bahan ajar yang terdiri dari dua, yaitu B1 = bahan ajar Handout dan B2 = bahan ajar LKS. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung (AB) > Ftabel atau 9,67 > 4,00 artinya ada interaksi antara model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa dan Fhitung (A) dan Fhitung (B) > Ftabel artinya ada pengaruh model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan menggunakan bahan ajar LKS memberikan rataan hasil belajar siswa yang tertinggi yaitu 83,33 ± 8,38. Sebaliknya, siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw dengan menggunakan bahan ajar LKS memberikan rataan hasil belajar yang paling rendah yaitu 75,67 ± 5,74. Selanjutnya, diperoleh bahwa rataan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar Handout dikombinasikan dengan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan model STAD yaitu, 83,00 ± 8,19 dan 82,67 ± 7,98. Pada uji pengaruh sederhana sebaiknya siswa yang akan diberi bahan ajar LKS menggunakan jenis model pembelajaran STAD sedangkan siswa yang akan diberi bahan ajar Handout dapat diajarkan menggunakan jenis model pembelajaran Jigsaw ataupun STAD karena secara statistik tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil kedua model pembelajaran tersebut pada bahan ajar Handout.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 084 |
Keywords: | Model pembelajaran, Bahan ajar, Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:36 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34795 |