SIMBOLON, BUTET NATARIA (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 2 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141014 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 7143141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
3. NIM. 7143141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
4. NIM. 7143141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 7143141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM. 7143141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 7143141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 7143141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 7143141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
13. NIM. 7143141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 7143141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS yang berjumlah 110 dan sampel berjumlah 44 orang. Instrument yang digunaan untuk mengukur perhatian orangtua dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen untuk variabel prestasi belajar. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Realiabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linier berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah uji validitas, untuk variabel X1 angket berjumlah 25 soal dan X2 berjumlah 23 soal. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,907 > 0,361 (rhitung > rtabel) dengan signifikan 0,000<0,05 untuk penggunaan perhatian orangtua dan 0,856 > 0,361 (rhitung > rtabel) dengan signifikan 0,000<0,05 untuk motivasi belajar. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linier Y = 8,622+0,481X1+0,407X2+e. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara perhatian orangtua terhadap prestasi belajar sebesar 12,046>1,682 (thitung>ttabel) dan ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 8,250>1,682 (thitung>ttabel) dan untuk uji F diperoleh Fhitung>Ftabel (918,773>3,23) dengan signifikan 0,000<0,05, maka hipotesis diterima atau ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 045 |
Keywords: | Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:02 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34771 |