ASRINA, MIFTAH (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7143341045 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
02. NIM 7143341045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
03. NIM 7143341045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
04. NIM 7143341045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
05. NIM 7143341045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. NIM 7143341045 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 7143341045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
09. NIM 7143341045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. NIM 7143341045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM 7143341045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Miftah Asrina. Nim 7143341045. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Persepsi Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Medan. Skripsi : Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dan kurang optimalnya kompetensi professional guru menurut siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Kedua, pengaruh persepsi kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Dan ketiga, pengaruh motivasi belajar siswa dan persepsi kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 110 orang dengan 86 orang sebagai sampel penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20. Hasil dari penelitian ini yaitu: Y = 35,217 + 0,379X1 + 0.143X2 . Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa: Motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui melalui pengujian hipotesis dengan perolehan nilai thitung motivasi belajar (X1) adalah sebesar 6,247 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Persepsi kompetensi professional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai thitung sebesar 2,623 dan nilai signifikansi sebesar 0,010. Motivasi belajar siswa dan persepsi kompetensi professional guru secara bersama-sama juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada ata pelajaran Ekonomi dengan nilai fhitung sebesar 88,866. Koefisien determinasinya (R2) yaitu sebesar 0,682 yang artinya adalah sebesar 68,2 % kedua variabel ini mempengaruhi prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 047 |
Keywords: | Motivasi Belajar, Persepsi Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 13:48 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34758 |