PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VII DI SMPN 24 MEDAN T.P. 2017/2018

NASUTION, WIDYA MITA RAHMADANI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI KELAS VII DI SMPN 24 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4141141076 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4141141076 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4141141076 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4141141076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4141141076 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4141141076 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4141141076 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4141141076 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4141141076 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4141141076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4141141076 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4141141076 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4141141076 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4141141076 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4141141076 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4141141076 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4141141076 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4141141076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPA-Biologi menggunakan model pembelajaran discovery terbimbing di kelas VII SMP Negeri 24 Medan T.P 2017/2018. Deskripsi dilakukan terhadap: 1) Kemampuan guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran; 2) Kesesuaian aktivitas belajar siswa dengan kaidah model pembelajaran discovery terbimbing; dan 3) Ketuntasan belajar siswa kelas VII setelah mendapatkan pembelajaran Discovery Terbimbing. Penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif. Seluruh rangkaian proses penelitian dilakukan mengacu pada standar lulusan, standar proses, dan standar penilaian yang diberlakukan pada kurikulum 2013. Pada tahap implementasi pembelajaran dilakukan: 1) Pengukuran kemampuan guru melaksanakan pembelajaran; 2) Kesesuaian aktivitas belajar siswa dengan kaidah model pembelajaran discovery terbimbing; dan 3) pengukuran hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif, dalam bentuk rata-rata, simpangan baku, distribusi frekuensi, dan deskripsi rekaman pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh: 1) Guru dapat mengimplementasikan dengan baik perangkat pembelajaran IPA-Biologi materi ajar interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan, pola-pola interaksi, dan rantai makanan di Kelas VII SMP Negeri 24 Medan menggunakan model pembelajaran discovery terbimbing; dan pada aspek pembelajaran discovery terbimbing yang memicu keterlibatan siswa dan penggunaan bahasa bahasa pada kategori baik dengan (N=89,8%); 2) Aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan kategori cukup (N=77,4%), sesuai dengan kaidah model pembelajaran discovery terbimbing. Aktivitas siswa dengan kesesuaian paling rendah ditemukan pada aktivitas verification (pembuktian); dan 3) Sebaran ketuntasan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan setelah mendapatkan pembelajaran Discovery Terbimbing adalah 64,3% siswa tuntas dan 35,7% belum tuntas. Ketuntasan belajar pada model pembelajaran discovery terbimbing lebih tinggi dibanding pretest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 132
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING, PEMBELAJARAN IPA, AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 10 Apr 2019 11:38
Last Modified: 31 Dec 2019 01:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34722

Actions (login required)

View Item
View Item