MONICA, KRISTHALIA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN INTERRNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA PANTI HARAPAN LAWE DESKI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141045 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 7143141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 7143141045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM. 7143141045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM. 7143141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM. 7143141045 TABLES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM. 7143141045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7143141045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7143141045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
13. NIM. 7143141045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM. 7143141045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Panti Harapan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penggunaan Internet dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa kelas XI IPS SMA Swasta Panti harapan Lawe Deski T.P 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Panti Harapan yang berjumlah 68 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 68 siswa karena menggunakan total sampling (menggunakan seluruh populasi sebagai sampel) Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Validitas angket diuji dengan rumus Product Momen sedangkan reliabilitas angket diuji dengan menggunakan rumus Alpha.
Dari hasil penelitian diperoleh parsamaan regresi linear berganda Y = 4,518 + 615 X_1+ 455X_2. + e. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil penggunaan internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,615 dan nilai t_hitung>t_tabel atau 4,229 > 1,997. Motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,455 dan nilai t_hitung>t_(tabel ) atau 2,988 > 1,997. Uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil penggunaan internet dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan nilai F_hitung>F_tabel atau 31,367 > 3,14. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R^2 sebesar 0,491 yang artinya penggunaan internet dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 49,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan internet dan motivasi belajar secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Panti Harapan Lawe Deski T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 072 |
Keywords: | Penggunaan Internet, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 14:36 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34515 |