ALWIANSYAH, RIZKY (2018) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBUBUT KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133321004 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM 5133321004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
3. NIM 5133321004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. NIM 5133321004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 5133321004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 5133321004 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 5133321004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 5133321004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 5133321004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM 5133321004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 5133321004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui besarnya hubungan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar keterampilan membubut. (2) untuk mengetahui besarnya hubungan antara kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar keterampilan membubut.(3) untuk mengetahui besarnya hubungan antara motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama terhadap hasil belajar keterampilan membubut.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik pemesinan SMK Negeri 1 PercutSei Tuan yang berjumlah 89 orang. Untuk menjadi sampel penilitian adalah 89 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Yakni siswa kelas XI TP-A SMK N 1 Lubuk Pakam sebanyak 30 orang.Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian korelasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapathubunganantara motivasi berprestasi dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan koefisien korelasi 0.734 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. (2) terdapathubunganantara kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan koefisien korelasi 0.719 dengan level siginifkansi alpha sebesar 0,05. (3) terdapathubungan antara motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama dengan hasil belajar keterampilan membubut dengan persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = 11.43 + 0.52 X1 + 0.29 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasiberprestasi dan kemampuanberpikirkreatif mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan membubut. Dengan demikian sekolah perlu meningkatkan motivasiberprestasi dan kemampuanberpikirkreatif siswa untuk meningkatkan hasil belajar keterampilanmembubutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 048 |
Keywords: | Motivasi Berprestasi, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Keterampilan Membubut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 14:32 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34510 |