SUFI, MARDIANA (2018) ANALISIS KESESUAIAN MATERI AJAR DALAM BUKU BIOLOGI SISWA SMA DENGAN SKL BIOLOGI T.P 2017/2018 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP UJIAN NASIONAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141034 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 4143141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4143141034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 4143141034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 4143141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 4143141034 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4143141034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4143141034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4143141034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
13. NIM. 4143141034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4143141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi ajar buku biologi siswa SMA dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) biologi T.P 2017/2018 serta implikasinya terhadap Ujian Nasional. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini meliputi seluruh buku biologi siswa SMA Negeri 1 kelas X, XI, dan XII se-Kabupaten Serdang Bedagai T.P 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini yaitu buku biologi siswa SMA Negeri 1 kelas X, XI, dan XII se-Kabupaten Serdang Bedagai yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dari Penerbit Erlangga yang belum diuji kelayakan oleh Kemendikbud. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar analisis kesesuaian buku biologi dengan SKL biologi yang terdiri dari delapan aspek, yaitu aspek kesesuaian isi buku dengan Kurikulum 2013, perkembangan sains, tingkat perkembangan anak SMA, SKL UN Biologi T.P 2017/2018, pendekatan saintifik, visual-media, kontekstual, dan OSN. Hasil penelitian diperoleh persentase kesesuaian buku kelas X dengan SKL biologi sebesar 93,7% dengan kategori sangat sesuai, pada buku kelas XI sebesar 96,8% dengan kategori sangat sesuai, dan pada buku kelas XII sebesar 96,8% dengan kategori sangat sesuai. Implikasi kesesuaian materi ajar dengan SKL adalah hampir seluruh materi yang sesuai dengan SKL biologi sudah terdapat dalam buku biologi siswa dalam penelitian ini, sehingga ketiga buku ini dapat digunakan sebagai bahan mempersiapkan Ujian Nasional dan untuk mencapai hasil Ujian Nasional biologi yang tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku biologi kelas X, XI, dan XII dari Penerbit Erlangga yang telah dianalisis berada pada kategori sangat sesuai dengan SKL biologi T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 175 |
Keywords: | materi ajar, buku biologi siswa, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:52 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34495 |