Khairiyati Manullang, Intan (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141025 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 4143141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 4143141025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM. 4143141025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 4143141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 4143141025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4143141025 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4143141025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4143141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM. 4143141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 4143141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia dari aspek indikator pembelajaran dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi pokok sistem ekskresi manusia kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan T.P 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 259 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara Purposive Sampling yang berjumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi pokok sistem ekskresi manusia dan angket kesulitan belajar. Hasil penelitian pada indikator-1 sebesar 28,37% dimasukkan dalam kategori kesulitan sedang, pada indikator-2 sebesar 51,34% dimasukkan dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator-3 sebesar 43,23% dimasukkan dalam kategori kesulitan tinggi, pada indikator-4 sebesar 37,38% dimasukkan dalam kategori kesulitan tinggi, pada indikator-5 sebesar 58,55% dimasukkan dalam kategori kesulitan sangat tinggi, pada indikator-6 sebesar 44,01% dimasukkan dalam kategori kesulitan tinggi. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi pokok sistem ekskresi manusia dengan kategori menghambat adalah faktor kesehatan siswa sebesar 77,14%, perhatian siswa sebesar 73,64%, minat sebesar 63,83%, motivasi sebesar 79,95%, metode mengajar guru sebesar 75,84%, indikator standar pelajaran sebesar 75,33%, materi pelajaran sebesar 69,34%, media sebesar 63,96%, dan faktor orang tua dan suasana rumah sebesar 78,37%. Sedangkan faktor kesulitan belajar siswa dengan kategori cukup menghambat adalah faktor intelegensi sebesar 52,34% dan faktor alat pelajaran sebesar 41,04%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 177 |
Keywords: | Kesulitan Belajar, Indikator Pembelajaran, Faktor Kesulitan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:50 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34491 |