NASUTION, ERMILA HAFNI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X IPA SMAS AL-WASHLIYAH 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141022 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 4141141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4141141022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. NIM. 4141141022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4141141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 4141141022 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 4141141022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4141141022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4141141022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM. 4141141022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM. 4141141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap penguasaan konsep dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas X IPA SMAS Al-Washliyah 1 Medan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAS Al-Washliyah 1 Medan yang terdiri dari 2 kelas dan terdapat 30 orang siswa di setiap kelasnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel total, kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes berupa tes obyektif yang berjumlah 30 butir untuk mengukur penguasaan konsep dan lembar observasi untuk mengukur kemampuan komunikasi ilmiah siswa. Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki kesamaan varians (homogen). Uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 28,22 dengan standar deviasi 9,21 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 31,89 dengan standar deviasi 9,74. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah sebesar 76 dengan standar deviasi 7,9 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69,56 dengan standar deviasi 6,99.. Hasil pengolahan data postes (uji t) diperoleh bahwa thitung=3,32 dan ttabel=1,689, sehingga thitung> ttabel, hasil analisis data kemampuan komunikasi ilmiah siswa (uji t) diperoleh thitung>ttabel (5.78>1.689) untuk kemampuan komunikasi ilmiah lisan siswa dan thitung>ttabel (5.07>1.81) untuk kemampuan komunikasi ilmiah tulisan siswa oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruhmodel pembelajarn Think Talk Write (TTW) terhadap penguasaan konsep dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas X IPA SMAS Al-Washliyah 1 Medan tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 176 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw), Penguasaan Konsep Siswa, Kemampuan Komunikasi Ilmiah Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:49 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34490 |