PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X IPA SMAS AL-WASHLIYAH 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

NASUTION, ERMILA HAFNI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA MATERI PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X IPA SMAS AL-WASHLIYAH 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141141022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141141022 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141141022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141141022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141141022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141141022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141141022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141141022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141141022 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141141022 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141141022 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141141022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4141141022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141141022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141141022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141141022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4141141022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4141141022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141141022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap penguasaan konsep dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas X IPA SMAS Al-Washliyah 1 Medan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAS Al-Washliyah 1 Medan yang terdiri dari 2 kelas dan terdapat 30 orang siswa di setiap kelasnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel total, kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes berupa tes obyektif yang berjumlah 30 butir untuk mengukur penguasaan konsep dan lembar observasi untuk mengukur kemampuan komunikasi ilmiah siswa. Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki kesamaan varians (homogen). Uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 28,22 dengan standar deviasi 9,21 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 31,89 dengan standar deviasi 9,74. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah sebesar 76 dengan standar deviasi 7,9 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69,56 dengan standar deviasi 6,99.. Hasil pengolahan data postes (uji t) diperoleh bahwa thitung=3,32 dan ttabel=1,689, sehingga thitung> ttabel, hasil analisis data kemampuan komunikasi ilmiah siswa (uji t) diperoleh thitung>ttabel (5.78>1.689) untuk kemampuan komunikasi ilmiah lisan siswa dan thitung>ttabel (5.07>1.81) untuk kemampuan komunikasi ilmiah tulisan siswa oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruhmodel pembelajarn Think Talk Write (TTW) terhadap penguasaan konsep dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas X IPA SMAS Al-Washliyah 1 Medan tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 176
Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw), Penguasaan Konsep Siswa, Kemampuan Komunikasi Ilmiah Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 13:49
Last Modified: 25 Feb 2020 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34490

Actions (login required)

View Item
View Item