GULTOM, ELSA JUNI RATIKA (2018) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143141022 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 7143141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM 7143141022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
4. NIM 7143141022 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 7143141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 7143141022 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM 7143141022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7143141022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9. NIM 7143141022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
13. NIM 7143141022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM 7143141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan disiplin belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kela XI IPS SMA N 6 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 168 orang, dengan jumlah sampel yaitu 114 orang dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Conbrach Alpha. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik, dan selanjutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan), dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel pola asuh orangtua (X1) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0,296 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 3,706 > 1,658. Sedangkan variabel disiplin belajar (X2) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0,497 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 7,719 > 1,658. Sementara secara simultan variabel X1, dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F hitung sebesar 66,468 yang lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 3,08. Pola asuh orangtua dan disiplin belajar memiliki determinasi sebesar 54,5% terhadap prestasi belajar, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 6 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 073 |
Keywords: | Pola Asuh Orangtua, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:47 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34488 |