SIHOMBING, RIRIN ASTARI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG BUNYI KELAS XI SEMESTER II DI SMA NEGERI 11 MEDAN T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143321035.Cover.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 4143321035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM 4143321035 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4143321035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM 4143321035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM 4143321035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 4143321035 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM 4143321035 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM 4143321035 Bab I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM 4143321035 Bab V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
14. NIM 4143321035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajar pada materi gelombang bunyi di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Medan T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIA 6 dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantuan laboratorium virtual dan kelas XI MIA 5 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar kognitif dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli dan aktivitas belajar siswa. Analisa data menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46.58 dan kelas kontrol 46.38 . Hasil analisis data pretes menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, varians kedua sampel homogen, dan kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 80,27 dan 76,83. Hasil analisis data postes menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan varians kedua sampel homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t satu pihak dan diperoleh kesimpulan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantuan laboratorium virtual lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok gelombang bunyi di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Medan T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 135 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Training |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:50 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34463 |