NURCAHAYA, INDAH (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI BINTANG BAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142013 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 7141142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
3. NIM. 7141142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM. 7141142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 7141142013 TABLE OF CODNENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. NIM. 7141142013 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 7141142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 7141142013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7141142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 7141142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7141142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapkan model pembelajaran Problem Centered Learning dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bintang Bayu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik Teknik pengumpulkan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada siklus I terdapat 12 orang siswa (32,4%) dinyatakan kreatif. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 30 orang siswa (81%) yang dinyatakan kreatif dan sangat kreatif. Sehingga kreativitas belajar siswa meningkat 48,6% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada pretest sebelum diadakannya menunjukkan 9 orang siswa (24,3%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 55,13%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 orang siswa (40,5%) dengan nilai rata-rata 73,51%, dan pada siklus II sebanyak 31 orang siswa (83,7%) mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 84,32%. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dari siklus I sampai siklus II sebesar 10,81%.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Centered Learning dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS 1 pada materi pokok Jurnal Khusus di SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 032 |
Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa, Kreativitas Belajar, dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:49 |
Last Modified: | 16 May 2019 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34461 |