BR. MANURUNG, AGNES (2018) DESAIN EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA MATERI POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.4143321003 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
02.4143321003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
03.4143321003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
04.4143321003 RESUME.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
05.4143321003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06.4143321003 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
07.4143321003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
08.4143321003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
09.4143321003 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
10.4143321003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
14.4143321003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15.4143321003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Computer based test (CBT) menjadi salah satu jenis aplikasi yang banyak dilirik oleh pengembang komputer dalam dalam beberapa dekade terakhir karena memiliki banyak keuntungan. Hal ini menjadikan CBT sangat perlu diterapkan terutama dalam bidang evaluasi atau assessmen kepada siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan tes berbasis CBT pada materi pokok bahasan usaha dan energi di SMA N 14 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah bagian dari penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model desain yang digunakan dari Thiagarajan, et al. Pelaksanaan penelitian ini meliputi 4 tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development) dan (4) tahap penyebaran (disseminate). Pelaksanaan penelitian dilakukan mulai uji terbatas skala kecil hingga tahap perancangan (design). Tahap define yaitu dilakukan analisis kebutuhan siswa melalui observasi dan wawancara, membuat tujuan serta merumuskan konsep CBT. Instrumen soal yang ada dalam evaluasi hasil belajar siswa berbasis CBT ini dibuat sesuai dengan kurikulum 2013 revisi dimana tiap butir soalnya mengukur keterampilan C1 hingga C6. Sebelum diberikan pada siswa, instrumen soal terlebih dahulu divalidasi oleh pakar (validasi isi) dan validiasi ramalan. Tahap design yaitu pemilihan software CBT dan merancang CBT. Software yang digunakan dalam perancangan CBT ini yakni software learning management system (LMS) Moodle. Sebelum diujicobakan pada siswa aplikasi CBT terlebih dahulu telah divalidasi oleh pakar yang berkaitan dengan bidang komputer. Penelitian ini dilaksanakan hingga sampai tahapan design, dikarenakan keterbatasan waktu dalam pelaksanaan penelitian ini. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu diketahuinya proses. tahapan pembuatan CBT, dan tahapan penggunaan CBT. Diketahui bahwa CBT sangat banyak memiliki keuntungan dan CBT sangat efektif digunakan dalam pemberian evaluasi kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 141 |
Keywords: | Evaluasi Hasil Belajar, Cbt, Test |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:40 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34452 |