AGUSTIANTA SITEPU, WIRA (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7143141104 - SAMPUL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
02. NIM 7143141104 - L. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
03. NIM 7143141104 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
04. NIM 7143141104 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
05. NIM 7143141104 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
06. NIM 7143141104 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
07. NIM 7143141104 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
08. NIM 7143141104 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
09. NIM 7143141104 - BAB I.pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
13. NIM 7143141104 - BAB V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
14. NIM 7143141104 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Swasta An-Nizam Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan gaya belajar siswa di kelas XI SMA Swasta An-Nizam Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta An-Nizam Medan yang beralamat di Jl. Tuba II/ Perjuangan No. 62 Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 48 orang siswa dan sampel penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian yaitu sebanyak 48 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Sebelum angket digunakan untuk penelitian, angket penelitian diuji terlebih dahulu apakah angket tersebut valid dan reliabel. Dari hasil uji coba angket, diperoleh angket yang valid dan reliabel unutk kompetensi guru sebanyak 20 item dari total 25 item, dan untuk angket gaya belajar siswa item yang valid sebanyak 21 item dari total 25 item soal. Kemudian data yang terkumpul dari angket penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yaitu uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 12,045 + 0,441X1 + 0,413X2. Hasil uji t (parsial) diperoleh thitung untuk variabel komptensi guru adalah 2,611, dan nilai ttabel = 1,679. Maka thitung > ttabel (2,611 > 1,679). Dari nilai diatas berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kompetensi guru (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y). Sedangkan untuk variabel gaya belajar nilai thitung = 3,086 dan ttabel = 1,679. Maka thitung > ttabel (3,086 > 1,679). Dari nilai tersebut berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel gaya belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y). Kemudian hasil perhitungan uji F (simultan) diperoleh Fhitung = 19,195 dan Ftabel = 3,20. Maka Fhitung > Ftabel (19,195 > 3,20) yang artinya secara bersama-sama variabel kompetensi guru dan gaya belajar siswa berpengaruh posistif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Swasta An-Nizam Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 075 |
Keywords: | Kompetensi Guru, Gaya Belajar Siswa, Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:28 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34433 |