PURBA, KARTA MAGA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133121022_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5133121022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM. 5133121022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 5133121022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 5133121022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 5133121022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 5133121022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 5133121022_BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
12. NIM. 5133121022_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 5133121022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini Bertujuan Untuk Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur di kelas X SMK Negeri 2 Binjai TP.2017/2018.penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam bidang keterampilan sosial. Jenis penelitian ini adalah eksperimen.populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambi 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas X TKR1 sebagai Kelas Eksperimen dan X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 25 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda,yaitu nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 38,875 dengan standar deviasi 7,550 dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,125 dengan standar deviasi 8,0311. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t post test diperoleh bahwa thitung > ttabel (9,45 > 1,6775), sehingga maka Ha diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur teknik di kelas X SMK Negeri 2 Binjai TP.2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 049 |
Keywords: | HASIL BELAJAR,KOOPERATIF TIPE TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:14 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34405 |