KESESUAIAN ANTARA MATERI AJAR, KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN TERHADAP TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 7 MEDAN

TARIGAN, AISYAH RUBIAH (2018) KESESUAIAN ANTARA MATERI AJAR, KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN TERHADAP TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2143311003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2143311003 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2143311003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2143311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2143311003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2143311003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2143311003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2143311003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2143311003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2143311003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2143311003 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2143311003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2143311003 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2143311003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2143311003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2143311003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2143311003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2143311003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2143311003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2143311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara materi ajar, kegiatan pembelajaran dan penilaian terhadap tujuan pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu dokumen RPP guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Medan kelas XII sebanyak lima RPP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Metode Deskriptif sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini peneliti tidak melakukan kontrol manipulasi variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran dalam RPP Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Medan masih kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dengan nilai rata-rata 67% artinya materi pembelajaran yang dibuat masih kurang baik. Kesesuaian kegiatan pembelajaran terhadap tujuan pembelajaran pada RPP I sampai RPP V mendapat nilai 93% sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kesesuaian penilaian terhadap penilaian pencapaian tujuan pembelajaran pada RPP I sampai RPP V mendapat nilai 100% yang artinya penilaian yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, mulai dari penilaian aspek sikap yang dilakukan melalui observasi/pengamatan, penilaian aspek pengetahuan yang dilakukan melalui tes tertulis/lisan dan penugasan, serta penilaian aspek keterampilan yang dilakukan melalui praktik, produk, dan portofolio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 110
Keywords: kegiatan pembelajaran, materi ajar, penilaian, RPP, tujuan pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 11:10
Last Modified: 24 Feb 2020 06:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34399

Actions (login required)

View Item
View Item