TARIGAN, AISYAH RUBIAH (2018) KESESUAIAN ANTARA MATERI AJAR, KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN TERHADAP TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311003 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 2143311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
3. NIM 2143311003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 2143311003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM 2143311003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 2143311003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 2143311003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 2143311003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
12. NIM 2143311003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM 2143311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara materi ajar, kegiatan pembelajaran dan penilaian terhadap tujuan pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu dokumen RPP guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Medan kelas XII sebanyak lima RPP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Metode Deskriptif sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini peneliti tidak melakukan kontrol manipulasi variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran dalam RPP Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Medan masih kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dengan nilai rata-rata 67% artinya materi pembelajaran yang dibuat masih kurang baik. Kesesuaian kegiatan pembelajaran terhadap tujuan pembelajaran pada RPP I sampai RPP V mendapat nilai 93% sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kesesuaian penilaian terhadap penilaian pencapaian tujuan pembelajaran pada RPP I sampai RPP V mendapat nilai 100% yang artinya penilaian yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, mulai dari penilaian aspek sikap yang dilakukan melalui observasi/pengamatan, penilaian aspek pengetahuan yang dilakukan melalui tes tertulis/lisan dan penugasan, serta penilaian aspek keterampilan yang dilakukan melalui praktik, produk, dan portofolio.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 110 |
Keywords: | kegiatan pembelajaran, materi ajar, penilaian, RPP, tujuan pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:10 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34399 |