Pratiwi, Dina (2018) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI MARBACH PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131141010 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 4131141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 4131141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM. 4131141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4131141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 4131141010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4131141010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4131141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. NIM. 4131141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 4131141010 BIBLIOGRPAHY .pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas pertanyaan siswa, mengidentifikasi kategorisasi pertanyaan siswa dan mengetahui kualitas pertanyaan siswa berdasarkan Taksonomi Marbach pada materi sistem ekskresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 9 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik random sample berjumlah dua kelas yaitu XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan jumlah siswa seluruhnya 74 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan siswa berdasarkan jumlah siswa yang bertanya diperoleh secara lisan 97% dan tertulis 89%. Kuantitas pertanyaan siswa berdasarkan jumlah pertanyaan yang diajukan siswa secara lisan 65% dan tertulis 35%. Semua kategori pertanyaan berdasarkan Taksonomi Marbach terdapat pada pertanyaan siswa secara keseluruhan yaitu kategori 0=5,5%, 1a=18,6%, 1b=14%, 2=21,4%, 3=4,1%, 4=28,2%, 5=3,2% dan 6=5%, dapat diketahui bahwa pertanyaan yang paling banyak muncul adalah kategori 4 yaitu pertanyaan dimana siswa mencari informasi lebih dari yang tersedia dalam buku teks (pertanyaan penggalian informasi). Kualitas pertanyaan siswa berdasarkan pengelompokkan menjadi 4 tipe pertanyaan didapatkan bahwa pertanyaan yang paling banyak muncul termasuk pertanyaan tipe III, sedangkan kualitas pertanyaan siswa berdasarkan pengelompokkan menjadi 3 kelompok yang lebih luas menunjukkan bahwa banyak pertanyaan yang masuk ke dalam kelompok 2 yaitu pertanyaan deskripsi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMA Negeri 9 Medan T.P. 2017/2018 dapat dikatakan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 182 |
Keywords: | Keterampilan Bertanya; Taksonomi Marbach; Ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:06 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34391 |