Oktafianda, Nahrial (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI MIA MAN 1 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141141047 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4141141047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM 4141141047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM 4141141047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 4141141047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4141141047 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 4141141047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4141141047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4141141047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM 4141141047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4141141047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kuantitas, kategorisasi dan kualitas pertanyaan siswa selama pembelajaran biologi materi sistem reproduksi kelas XI di MAN 1 Medan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan mengambil 3 kelas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi langsung selama pembelajaran berlangsung. Hasil menunjukkan bahwa siswa lebih banyak mengajukan pertanyaan tulisan dibandingkan lisan, dengan persentase 23,71% untuk yang bertanya secara lisan sedangkan yang bertanya secara tulisan sebesar 76,28%. Kuantitas pertanyaan lisan sebesar 8,76% sedangkan kuantitas pertanyaan tulisan sebesar 91,23%. Kategorisasi pertanyaan siswa yang diukur berdasarkan Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl didapatkan hasil bahwa untuk kategori C1 (mengingat) sebanyak 138 pertanyaan (27,49%). Kategori C2 sebanyak 139 pertanyaan (27,69%). Kategori C3 sebanyak 135 pertanyaan (26,89%). Kategori C4 sebanyak 90 pertanyaan (17,92%). Tidak terdapat pertanyaan dengan kategori C5 dan C6. Kualitas pertanyaan siswa diukur berdasarkan Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl didapatkan pertanyaan kualitas rendah (LOTS) yang terdiri dari kategori C1, C2 dan C3 sebanyak 412 pertanyaan (82,06%). Sementara untuk pertanyaan kualitas tinggi (HOTS) yang terdiri dari kategori C4, C5 dan C6 sebanyak 90 pertanyaan (17,92%) (hanya Kategori C4).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 183 |
Keywords: | Kemampuan Bertanya; Taksonomi Bloom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:06 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34389 |