YUNITA, NURMA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 KUALA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142131008 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 3142131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 3142131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 3142131008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 3142131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 3142131008 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 3142131008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 3142131008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 3142131008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM. 3142131008 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 3142131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kuala, (2) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kuala, (3) pengaruh penggunaan sumber belajar dan kompetensi pedagogic guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kuala.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuala. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 kuala Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 62 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Arikunto dan diperoleh sampel sebanyak 62 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan crcnbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Kuala T.A 2017/2018 dimana diperoleh thitung = 3,466 > ttabel = 1,670 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogic guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Kuala T.A 2017/2018, dimana thitung = 2,617 > ttabel = 1,670 dengan nilai signifikansi 0,011 < 0,05. (3)Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan sumber belajar dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kuala T.A 2017/2018. Hasil pengujian signifikan secara simultan (Uji F) dimana Fhitung = 30,807 > Ftabel = 3,15 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 086 |
Keywords: | Sumber Belajar, Kompetensi Pedagogik, Prestasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:48 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34351 |