MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018

PUTRI, RIRI DWI (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111071_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111071_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111071_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111071_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111071_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111071_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111071_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111071_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111071_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111071_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111071_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111071_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111071_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111071_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111071_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111071_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111071_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111071_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1141111071_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1141111071_BAB I.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111071_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111071_BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1141111071_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1141111071_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada siswa kelas V di SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Model pembelajaran CTL (Context ual Teaching And Learning) merupakan model pembelajaran dengan mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata yang terjadi di lingkungan peserta didik. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri 101766 Bandar Setia.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan keterampilan menullis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia dapat dilihat dari nilai menulis karangan deskripsi siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II yang meningkat. Nilai rata-rata tes menulis karangan deskripsi pada kondisi awal 61,73 dengan ketuntasan klasikal 30,76% pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 70,76 dengan persentase klasikal 65,38%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 80,00 dengan persentase klasikal 88,46%. Peneliti dengan ini menyatakan Penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai 85% sehingga proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 433
Keywords: KARANGAN DESKRIPSI, CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING), KETERAMPILAN MENULIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 10:39
Last Modified: 21 Feb 2020 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34338

Actions (login required)

View Item
View Item