PUTRI, RIRI DWI (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111071_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1141111071_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 1141111071_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1141111071_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 1141111071_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1141111071_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1141111071_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1141111071_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1141111071_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 1141111071_BAB I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
14. NIM. 1141111071_BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
15. NIM. 1141111071_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada siswa kelas V di SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2017/2018. Model pembelajaran CTL (Context ual Teaching And Learning) merupakan model pembelajaran dengan mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata yang terjadi di lingkungan peserta didik. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri 101766 Bandar Setia.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan keterampilan menullis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia dapat dilihat dari nilai menulis karangan deskripsi siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II yang meningkat. Nilai rata-rata tes menulis karangan deskripsi pada kondisi awal 61,73 dengan ketuntasan klasikal 30,76% pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 70,76 dengan persentase klasikal 65,38%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 80,00 dengan persentase klasikal 88,46%. Peneliti dengan ini menyatakan Penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai 85% sehingga proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) berhasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 433 |
Keywords: | KARANGAN DESKRIPSI, CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING), KETERAMPILAN MENULIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:39 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34338 |