AGUSTINA SIREGAR, SUCI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II DI SMA N.1 NAMORAMBE T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321010 cover_docx.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
3. NIM 4133321010 Abstark_docx.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM 4133321010 Kata Pengantar_docx.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 4133321010 Daftar Isi_docx.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. NIM 4133321010 Daftar gambar_docx.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. NIM 4133321010 Daftar lampiran_doc.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM 4133321010 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM 4133321010 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 4133321010 Dafus_docx.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar siswa Fisika Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Di Kelas X Semester II SMAN 1 Namorambe T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest –posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel secara cluster random sampling terdapat 2 kelas, X MIA 3 sebagai kelas eksperimen 30 siswa dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol 30 siswa. Instrumen tes dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang sudah divalidasi oleh validator dan lembar observasi. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda ( uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,66 dan kelas kontrol 36,44, hasil uji t diperoleh thitung = 1,80 dan ttabel= 2,002 karena thitung < ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 70,22 dengan standar deviasi 8,88 dan kelas kontrol yaitu 10,81. Hasil nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t satu pihak dan diperoleh hasil 5,15 > 2,43 yaitu thitung > ttabel pada taraf nyata 0,05 maka (Ha) diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar siswaFisika Pada Materi suhu dan kalor Di Kelas X Semester II SMAN 1 Nmaorambe T.P 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 150 |
Keywords: | KUASI EKSPERIMEN, MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:38 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34336 |