NAJAKH, SEKAR HIDAYATUN (2018) PEMETAAN PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142141027 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4142141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM. 4142141027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 4142141027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 4142141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. NIM. 4142141027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 4142141027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 4142141027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 4142141027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
13. NIM. 4142141027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4142141027 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan scientific approach selama pembelajaran biologi, mengetahui tahapan belajar yang menjadi masalah atau kendala dalam penerapan scientific approach dalam pembelajaran biologi, dan mengetahui permasalahan atau kendala berdasarkan scientific approach yang paling dominan selama pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, angket siswa, dan tambahan berupa wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan scientific approach dalam kegiatan pembelajaran biologi keseluruhan sebesar 72,1% dengan kategori terlaksana cukup. Sementara pelaksanaan penerapan inti scientific approach dalam pembelajaran biologi sebesar 64,4% dengan kategori terlaksana kurang, tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan sebesar 53,4%, 70,4%, 60,9%, 72,9%, 64,2%. Tahapan belajar scientific approach yang dominan yaitu mencoba, dan yang merupakan kendala atau masalah dalam pembelajaran yaitu mengamati, menalar, dan mengkomunikasikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 186 |
Keywords: | Scientific Approach; pembelajaran biologi; tahapan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:33 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34323 |