PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2017/2018

IMANUDDIN, ARDHY (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111009_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111009_COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111009_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111009_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111009_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111009_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111009_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111009_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111009_DAFTAR  DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111009_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1141111009_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1141111009_BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111009_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111009_BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1141111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1141111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar membaca pemahaman siswa masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang guru terapkan belum sesuai untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa. Pelaksanaan pembelajaran membaca yang guru lakukan kurang menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar. Kebiasaan belajar siswa yang cenderung semangat membaca tanpa memahami isi bacaan juga menjadi salah satu masalah dalam penelitian ini. Sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas III SD Negeri 101775 Sampali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian Siswa Kelas III SD Negeri 101775 Sampali Tahun ajaran 2017/2018. Berjumlah 29 siswa, dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar membaca siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Dengan 4 (empat) tahapan pada masing-masing siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Adapun alat pengumpulan datanya adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data dari 29 siswa diperoleh hasil tes awal membaca siswa dengan hasil untuk kategori sangat rendah 13 siswa (44,82%), kategori rendah 3 siswa (10,34%), kategori sedang 4 siswa (13,79%), kategori tinggi 5 siswa (17,24%), dan kategori sangat tinggi 4 siswa (13,79%), dengan rata-rata klaksikal sebesar 50,3. Dari hasil yang diperoleh di atas ditindaklanjuti ke siklus I dengan menggunakan model CIRC dan diperoleh hasil belajar membaca pemahaman untuk kategori sangat rendah 8 siswa (27,58%), kategori rendah 2 siswa (6,89%), kategori sedang 5 siswa (17,29%), kategori tinggi 8 siswa (27,58%), dan kategori sangat tinggi 6 siswa (20,68%), dengan rata-rata klaksikal sebesar 59,3. Perolehan siklus I secara signifikan meningkat dan ditindaklanjuti pada siklus II dengan perolehan nilai membaca pemahaman untuk kategori sangat rendah 0 siswa (00,00%), kategori rendah 0 siswa (00,00%), kategori sedang 2 siswa (6,89), kategori tinggi 0 siswa (00,00%), dan kategori sangat tinggi 27 siswa (93,10%), dengan rata-rata klaksikal sebesar 85,5. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa pokok bahasan membaca intensif di kelas III SD Negeri 101775 Sampali T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 434
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 10:29
Last Modified: 21 Feb 2020 04:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34313

Actions (login required)

View Item
View Item