RONGGASARI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SD NO.255 MUARASOMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 114512114003 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 114512114003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
3. 114512114003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. 114512114003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. 114512114003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. 114512114003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. 114512114003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 114512114003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. 114512114003 BAB I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
10. 114512114003 BAB II.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
11. 114512114003 BAB III.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
12. 114512114003 BAB IV.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
10. 114512114003 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
11. 114512114003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
13. 114512114003 Lampiran.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berdasarkan masalah guru masih menggunakan metode pembelajaran model realistic sehingga perlu dilakukan pembaharuan dalam pemigkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran Matematika pada materi Bangun Ruang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode model realistic pada pelajaran matematika materi pokok Bangun Ruang di kelas V SD No .255 Muarasoma T.A 2018/2019.Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD No .255 Muarasoma T.A 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 14 perempuan. Objek penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran model Realistic. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri daridua kali pertemuan dan dua kali evaluasi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah hasil evaluasi, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Hasil belajar siswa sebelum tindalkan dikategorikan sangat rendah yaitu : 4 (20%) siswa yang tuntas dan 16 (80%) siswa tidak tuntas dari tolat 20 siswa hasil ini dilakukan sebelum Pre-Test. Kemudian Pos Test Siklus I setelah dilakukan model pelajaran matematika realistic hasilnya yaitu : sebanyak 13 (65%) siswa yang tuntas dan 7 (35%) orang yang tidak tuntas dari 20 orang siswa. Pada Pos Test sikluske II menggunakan model matematika realistic yaitu : 18 (90%) siswa yang tuntasdan 2 (10%) orang siswa yang tidak tuntas dari 20 orang siswadari total keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 083 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA329 Engineering mathematics. Engineering analysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 09:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34242 |