SEMBIRING, ALOYNA PRANINTA (2018) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 7143341006 COVER.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
2.NIM. 7143341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3.NIM. 7143341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4.NIM. 7143341006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5.NIM. 7143341006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6.NIM. 7143341006 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7.NIM. 7143341006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM. 7143341006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9.NIM. 7143341006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
13.NIM. 7143341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14.NIM. 7143341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak nilai prestasi belajar mata pelajaran ekonomi yang belum optimal pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tigabinanga yang beralamat di Jl. Kotacane Tigabinanga, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS yang berjumlah 136 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode proporsional random sampling yang berjumlah 68 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel disipin belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung 2,557 dan taraf signifikansi 0,012, sama halnya dengan variabel lingkungan teman sebaya (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung 3,672 dan taraf signifikansi 0,000. Secara simultan disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikansi terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung 11,417 dan taraf signifikansi 0,000. Variabel independen dalam penelitian ini juga menyumbangkan kontribusi sebesar 26% terhadap prestasi belajar.
Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 NIAGA 033 |
Keywords: | DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:54 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34220 |