PUSPITASARI, PUTRI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD HARAPAN MANDIRI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
02 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
03 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
04 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
05 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
06 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14 NIM 1142113009 PUTRI PUSPITASARI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam mengenal
bentuk geometri, contohnya ketika anak ditanya tentang bentuk geometri , anak belum
mampu, menyebutkan dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri serta anak masih sulit
mengelompokkan bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media manipulatif dalam pembelajaran proyek terhadap kemamuan mengenal
bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Harapan Mandiri.
Jenis penelitian ini adalah true eksperimen, dengan desain only posstest control group
desain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki
karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan Kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan
secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 15 orang anak. Variabel
bebas dalam penelitian ini adalah media manipulatif, sedangkan variabel terikat dalam
penelitian ini adalah kemampuan mengenal bentuk geometri. Instrumen pengumpulan data
yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan uji-t dan observasi dilakukan dengan
panduan observasi yang telah disediakan dengan taraf nyata α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 10,73
dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 9, sehingga kemampuan anak mengenal bentuk
geometri kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata
pada kelas kontrol 6,7 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 5, sehingga kemampuan
anak mengenal bentuk geometri kelas kontrol belum maksimal berkembang. Berdasarkan
hasil tersebut hipotesis yang menyatakan bahwa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 062 |
Keywords: | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD HARAPAN MANDIRI T.A 2017/2018 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:53 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34217 |