LUMBAN GAOL, ELFRIDA (2018) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI INDONESIA DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141141019 COVER.docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 7141141019 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
3. NIM. 7141141019 PREFACE.docx.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
4. NIM. 7141141019 ABSTRACT.docx.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
5. NIM. 7141141019 TABLE OF CONTENT.docx.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. NIM. 7141141019 LIST OF TABLE.docx.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7. NIM 7141141019 LIST OF FIGURES.docx.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 7141141019 APPENDICES.docx.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 7141141019 CHAPTER I.docx.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
13. NIM. 7141141019 CHAPTER V.docx.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
14. NIM 7141141019 BIBLIOGRAPHY.docx.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar Korespondensi Indonesia kelas X di SMK Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar Korespondensi Indonesia siswa kelas X di SMK Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah expost facto.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jln Jambi No 23D, populasi sebanyak 107 siswa dan sampel yang diambil 54 siswa dengan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan angket. Uji validitas untuk angket menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan rumus regresi linier berganda dan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus Uji t dan Uji F. Besarnya kontribusi variabel-variabel bebas terhadap variabel dependen dilihat dari Koefisien Determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis uji t variabel kompetensi kepribadian guru (X1) diperoleh thitung > ttabel (3,999 > 1,674) dan angka signifikansi 0,000 < 0,05 berarti kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel gaya belajar siswa (X2) nilai thitung > ttabel (6,539 > 1,674) dan angka signifikansi 0,000 < 0,005 yang berarti gaya belajar siswa berpengaruh posotif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (58,187 > 3,18) pada taraf signifikansi 95% yaitu 0,000 < 0,005. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Y= 39,028 + 0,228X1 + 0,308X2 yang menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru (X1) dan gaya belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap prestsi belajar siswa (Y). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,695 yang menunjukkan pengaruh variabel kompetensi kepribadian guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar 69,5%.
Dengan demikian, maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi kepribadian guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar Korespondensi Indonesia siswa kelas X di SMK Negeri 6 Medan T.P 2017/2018 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 031 |
Keywords: | KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU, GAYA BELAJAR SISWA, PRESTASI BBELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:52 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34215 |