SINAGA, ERI SURADASH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODELING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143142014 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7143142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 7143142014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM. 7143142014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 7143142014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. NIM. 7143142014 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 7143142014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM. 7143142014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. NIM. 7143142014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 7143142014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 7143142014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Modeling The Way lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI AK SMK Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jln. STM No.12E Siterejo, Kampung Baru Medan Amplas pada semester Ganjil. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI AK SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 209 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol masing-masing 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Sebelum tes diberikan, diuji coba terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan uji normalitas, homogenitas dengan uji F, dan uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria diterima apabila thitung > ttabel pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05. Pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 7,682 dan ttabel sebesar 1,677 maka thitung lebih besar dari ttabel dengan demikian hipotesis diterima.
Hasil analisis data menunjukan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Modeling The Way dengan nilai rata-rata pre-test 60,00 setelah diberikan perlakuan meningkat menjadi 85,29. Sedangkan dengan metode konvensional diperoleh rata-rata pre-test 57,57setelah diberikan perlakuan meningkat menjadi 72,00. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05. Sehingga diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (7,682 > 1,677), dengan demikian Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Modeling The Way lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Sehingga model pembelajaran Modeling The Way dapat diterapkan oleh guru disekolah khususnya mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 064 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN MODELING THE WAY, METODE KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:51 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34214 |