DOLOK SARIBU, PUTRI BUDIANI (2018) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB TUNAS HARAPAN KECAMATAN SUNGGAL KAB. DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143313023_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1143313023_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 1143313023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. NIM. 1143313023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 1143313023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 1143313023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143313023_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1143313023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1143313023_BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM. 1143313023_BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM. 1143313023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah mengenai pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di kb tunas harapan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul dilapangan mengenai permainan tradisional congklak untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak yang belum berkembang sesuai harapan dan guru belum belum menggunakan permainan congklak untuk mengembangkan kemampun berhitung permulaan dalam kegiatan pembelajaran, tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung dengan menggunakan permainan congklak.
Jenis penelitian one- Group Pretest- Prosttest Design yang termasuk jenis penelitian eksperimen. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random sampling) dengan jumlah sampel 20 anak. Variabel bebas adalah permainan tradisional congklak sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berhitung permulaan. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi.
Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata anak kelas eksperimen yang mengunakan kemampuan berhitung 8,3 tergolong dalam katagori baik sekali. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol tanpa menggunakan media gambar yaitu 5,6 tergolong dalam katagori baik. Terlihat kemampuan permulaan berhitung anak kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis diperoleh t_hitung>t_(tabel ) (70>52) dengan taraf α= 0,05. Dengan demikian penggunaan kemampuan berhitung berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berhitung berpengaruh secara signifikat terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di KB TUNAS HARAPAN KECAMATAN SUNGGAL KAB. DELI SERDANG.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 063 |
Keywords: | congklak; kemampuan berhitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:49 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34209 |