SITEPU, IVANA PUTRI KRISTIANTI (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342018 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 7143342018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
3. NIM. 7143342018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM. 7143342018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 7143342018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 7143342018 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 7143342018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7143342018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 7143342018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. NIM. 7143342018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 7143342018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jl. Jambi No.23D, Pandau Hulu Medan pada tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi sejumlah 72 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI Akuntansi 1 dan XI Akuntansi 2 sejumlah 30 siswa untuk masing-masing kelas dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal dikutip dari buku pegangan guru yang sudah dianggap valid dan reliabel..Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian data post test diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 81 dengan Standar Deviasi (S) = 6,998 dan skor rata-rata kelas kontrol 73 dengan Standar Deviasi (S) = 7,144. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,53 dan ttabel = 1,671,sehingga thitung> ttabel (4,53 > 1,671) pada taraf signifikan pada α= 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Instruction lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 067 |
Keywords: | Model Problem Based Instruction, Metode Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:46 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34206 |