GUNAWAN, FEBRINA (2018) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH DENGAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342016 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 7143342016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM. 7143342016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
4. NIM. 7143342016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM. 7143342016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 7143342016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 7143342016 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7143342016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 7143342016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
13. NIM. 7143342016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 7143342016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa jika penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Information Search dengan Peer Lessons untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif, data kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I persentase keaktifan belajar siswa dalam proses belajar mengajar sebesar 60,51% atau 23 orang, menjadi 84,2% atau 32 orang pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 23,69%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 38 siswa hanya 68,42% atau sebanyak 26 orang siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 78,94 menjadi 82,41% atau sebanyak 32 orang pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,15. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai 80. Sehingga hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada post test siklus I dan post test siklus II adalah signifikan maka dalam hal ini Ha = Y> X diterima dan Ho : Y = X ditolak.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Information Search dengan Peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 068 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Information Search dan Peer Lessons |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:37 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34190 |