SIHOTANG, VIONITA VINA (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI SMP NEGERI 17 MEDAN KELAS VII TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142111029 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 4142111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM 4142111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 4142111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
5. NIM 4142111029 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. NIM 4142111029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 4142111029 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 4142111029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
9. NIM 4142111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (963kB) | Preview
13. NIM 4142111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
14. NIM 4142111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.A 2018/2019 dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-7 SMP Negeri 17 Medan dengan jumlah siswa 32 orang pada semester ganjil tahun ajaran
2018/2019. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation di SMP Negeri 17 Medan T.A 2018/2019. Nilai rata-rata
yang diperoleh pada Tes Hasil Belajar I siklus I adalah 53,1 dengan ketuntasan belajar klasikal 31,25%. Nilai rata-rata ini meningkat pada Tes Hasil Belajar II menjadi 64,13 dengan ketuntasan belajar klasikal 56,25%. Sedangkan nilai ratarata yang diperoleh pada Tes Hasil Belajar III siklus II adalah 67,19 dengan ketuntasan belajar klasikal adalah 56,25%. Nilai rata-rata ini meningkat pada Tes
Hasil Belajar IV menjadi 71,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 90,6%. Berdasarkan kriteria keberhasilan penelitian, maka persentase ketuntasan klasikal ini sudah memenuhi. Berdasarkan hasil penilaian guru terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation diperoleh bahwa hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata
penilaian hasil observasi adalah 3,54. Rata-rata ini meningkat pada siklus II menjadi 3,62 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan berdasarkan respons siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation, diketahui bahwa hampir seluruhnya siswa merespons positif pelaksanaan kegiatan ini. Rata-rata jawaban siswa secara keseluruhan adalah 87%. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada materi Bilangan Pecahan di kelas VII-7 SMP Negeri 17 Medan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 048 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Group Investigation |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:29 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34178 |