RAJAGUKGUK, MONALISA (2018) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMISISWA KELAS X-MIPA DI SMAN 5 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141141043 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 7141141043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
3. NIM. 7141141043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 7141140143 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7141141043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 7141141043 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 7141141043 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7141141043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9. NIM. 7141141043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13. NIM. 7141141043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 7141141043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar yang dicapai oleh siswa kelas X-MIPA pada mata pelajaran ekonomi belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan orangtua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X-MIPA di SMAN 5 Medan T.A 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Medan Jalan Pelajar No.17 T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 142 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 71 siswa secara Simple Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh dan signifikan antara tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X-MIPA SMAN 5 Medan T.A 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan secara parsial (uji t) pendapatan orangtua (X1). Variabel bernilai positif dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X-MIPA di SMAN 5 Medan T.A 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji t fasilitas belajar (X2) dilakukan dengan membandingkan antara thitung dan ttabel. Variabel bernilai positif dengan taraf signifikan 0,004 < 0,05. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendapatan orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Dengan demikian nilai Fhitung 139,343 dikonsutasikan dengan Ftabel. Karena Fhitung > Ftabel (139,343 > 3,13) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,804, yang artinya pendapatan orang tua dan fasilitas belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 80,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara pendapatan orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X-MIPA di SMAN 5 Medan T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 083 |
Keywords: | Pendapatan Orang Tua, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:29 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34177 |