Junengsih (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 BATANGKUIS. Masters thesis, UNIMED.
081188910004 Judul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
081188910004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
081188910004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
081188910004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
081188910004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (0B)
081188910004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
081188910004 Bab I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
081188910004 Bab V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
081188910004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing dan metode pembelajaran penemuan bebas terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batangkuis; (2) Pengaruh siswa yang memiliki konsep diri positif dan siswa yang memiliki konsep diri negatif terhadap hasil belajar biologi; dan (3) Interaksi antara metode pembelajaran penemuan dengan konsep diri terhadap hasil belajar biologi.Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Batangkuis, menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2 dan sampel berjumlah 80 orang siswa yang pengambilannya berdasarkan cluster random sampling. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes konsep diri siswa dan tes hasil belajar biologi siswa. Uji statistik inferensial digunakan ANAVA 2 jalur. Sebelum ANAVA 2 jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Kolgomorov-Smirnov dan uji homogenitas varians dengan uji Levenes.Berdasarkan X ± SE hasil analisis varians (ANAVA) diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Batangkuis yang diajar dengan metode penemuan terbimbing 77,83 ± 1,974 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan metode penemuan bebas 69,83 ± 1,759; (2) Hasil belajar Biologi siswa dengan konsep diri positif 77,17 ± 1,837 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan konsep diri negatif 69,29 ± 1,886; dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan konsep diri dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Batangkuis. Interaksi antara metode pembelajaran dengan konsep diri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi (Fhitung = 5,601, P = 0,020).Peningkatan hasil belajar biologi siswa dapat dilakukan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Konsep diri siswa juga dapat menjadi salah satu faktor pendukung dalam peningkatan hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.7 Jun p |
Keywords: | Biologi; Penemuan terbimbing; Penemuan bebas; Konsep diri positif; Konsep diri negatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3417 |