ROSEKA, KIKI KURNIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133111019 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 5133111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM 5133111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
4. NIM 5133111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM 5133111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM 5133111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 5133111019 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 5133111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 5133111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM 5133111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM 5133111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak pada siswa
Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI
Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 64 siswa. Kelas kontrol XI TGB-A terdiri dari 32 siswa dan XI TGB-B
32 siswa. Sebelum melaksanakan penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pretest dan di akhir pembelajaran diberikan posttest. Hasil analisis data dari hasil pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu, ̅= 58.00 dengan nilai tertinggi 76 dan terendah 49. Sedangkan pada kelas kontrol ̅= 58.85 dengan nilai
tertinggi 76 dan terendah 52. Kemudian kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dan pada kelas kontrol
diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis data dari hasil posttest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu, ̅= 82.30 dengan nilai
tertinggi 94 dan terendah 75. Sedangkan pada kelas kontrol ̅= 74.82 dengan nilai tertinggi 75,67 dan terendah 63. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus ujit,
dari data perhitungan hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 5.119 > 1.670, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction memberikan nilai yang lebih tinggi daripada hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 037 |
Keywords: | Hasil Belajar, Explicit Instruction, Menggambar dengan perangkat lunak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:24 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34168 |