NAINGGOLAN, YAKUB CRISTOPER (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. NIM 7143342040 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. NIM 7143342040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
3. NIM. NIM 7143342040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4. NIM. NIM 7143342040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. NIM 7143342040 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. NIM 7143342040 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. NIM 7143342040 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. NIM 7143342040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. NIM 7143342040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. NIM. NIM 7143342040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM. NIM 7143342040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa di SMK Negeri 6 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ROPES lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar yang diajar dengan Metode Konvensional pada materi Aktiva Tetap pada siswa kelas XII AK di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jln. Jambi No. 23 D Medan, Pandau Hilir, Kec. Medan Perjuangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas XII AK-2 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa dan kelas XII AK-3 terdiri dari 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t hitung > t tabel pada α = 0,05. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest = 50,66 ; SD = 9,44 dan postes = 77,66 ; SD = 11,35. Sedangkan kelas kontrol pretest = 48,06; SD = 8,72 dan postest adalah = 63,87;SD = 10,46. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 4,978 sedangkan ttabel = 1,6705. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,978>1,6705 yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Dengan demikian hasil belajar akuntansi yang diajar menggunakan model pembelajaran ROPES lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode Konvensional pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 khususnya pembahasan materi Aktiva Tetap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 069 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN ROPES, METODE KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:23 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34166 |