PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019

PUTRI, ARDIANA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143342006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143342006 COVER.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143342006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143342006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143342006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143342006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143342006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143342006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143342006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143342006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143342006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143342006 TABLES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143342006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143342006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143342006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143342006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143342006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143342006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143342006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143342006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143342006 BIBLIORAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143342006 BIBLIORAPHY.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar Akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar Akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran
konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Accelerated
Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvesional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 7
Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan pada tahun
pembelajaran 2018/2019, dengan jumlah populasi terdiri dari 6 kelas berjumlah 112 orang yang diambil secara acak menjadi 2 kelas dan sampel 70 orang yang terdiri dari 30 orang di kelas eksperimen dan 30 orang di kelas kontrol yang diambil secara acak sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes
dengan 5 pilihan (options). Dimana soal yang digunakan dalam tes ini dianggap sudah valid karena soal diambil dari buku paket Akuntansi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan hasil akuntansi siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Accelerated Learning ( = 84,50 dan SD
= 8,24) lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan metode konvensional ( = 77 dan SD = 7,50). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji
stastistic atau uji t. Hasil perhitungan didapat menujukkan bahwa thitung = 3,886 dan setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 1,672 ternyata thitung>ttabel (3,886 > 1,672). Dapat disimpulan bahwa hasil belajar hasil belajar Akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 071
Keywords: Model Pembelajaran Accelerated Learning, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:22
Last Modified: 05 Feb 2020 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34164

Actions (login required)

View Item
View Item