MANIK, KRISTI ADELITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342021 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 7143342021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
3. NIM. 7143342021 PREFACE .pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 7143342021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 7143342021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM. 7143342021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143342021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 7143342021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 7143342021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
13. NIM. 7143342021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7143342021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model Auditory Intellectualy Repetition di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition.Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Berdasarkan hasil analisis bahwa nilai rata-rata pretest sebelum diadakan tindakan pada siklus I adalah 45 (13,9%) dan pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 58,3% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 72,64, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II, dimana hasil yang diperoleh di siklus II sebesar 88,9% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 80 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari angket motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, melalui penyebaran angket motivasi yaitu pada siklus I dengan rata-rata 50,8 menjadi 68,19 pada siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan membuktikan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada materi Konsep Dasar Akuntansi Pemerintahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 072 |
Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar, Auditory Intellectualy Repetition |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:20 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34162 |