SARAH, DEVINA (2018) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA ANGKASA MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342013 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 7143342013 APRROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
3. NIM. 7143342013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
4. NIM. 7143342013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 7143342013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 7143342013 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7143342013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143342013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7143342013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
13. NIM. 7143342013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM. 7143342013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran CORE dengan Team Quiz terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di SMA Swasta Angkasa Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Angkasa Medan yang beralamat di Jl. Polonia Ujung No.99 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS , yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran CORE dengan Team Quiz untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan objektif test dan lembar observasi aktivitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pre-test dan post-test adalah tes hasil belajar dan observasi. Hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 12,90% siswa tergolong yang tidak aktif, 19,35% siswa tergolong kurang aktif, 16,13% siswa tergolong kriteria cukup aktif, dan 51,61% siswa tergolong aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 6,45% siswa yang tergolong dalam kriteria kurang aktif, 9,68% siswa yang tergolong dalam kriteria cukup aktif, 64,52% siswa yang tergolong aktif, dan 19,35% siswa yang tergolong sangat aktif. Ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 22 siswa (70,97 %) yang tuntas menjadi 26 siswa (83,87 %) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 75% siswa yang memperoleh nilai ≥ 75.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran CORE dengan Team Quiz pada materi jurnal penutup dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS SMA Swasta Angkasa Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 075 |
Keywords: | AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN TEAM QUIZ |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:10 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34148 |