SARAGIH, WINDY JESICA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUTAN BELAHAN BUSANA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123141041 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 5123141041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
3. NIM. 5123141041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM. 5123141041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM. 5123141041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 5123141041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 5123141041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8. NIM. 5123141041 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9.NIM. 5123141041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM. 5123141041 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM. 5123141041 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
14. NIM. 5123141041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar membuat belahan dua lajur mengunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin. 2) Untuk mengetahui hasil belajar membuat belahan dua
lajur tanpa mengunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin. 3) Apakah ada pengaruh bahan ajar lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap hasil belajar membuat belahan dua lajur Siswa Kelas X Tata
Busana SMK Negeri 1 Beringin”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin, sebanyak dua kelas dengan jumlah 49 siswa. Teknik pengambilan sampple menggunakan Total Sampling yaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas X Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat belahan dua lajur dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada hasil membuat belahan dua lajur. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk
membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat belahan dua lajur pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin
untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 40%. Dan tingkat kecenderungan hasil membuat belahan dua lajur untuk kelas kontrol cenderung rendah yaitu 91,6%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 24, diperoleh data hasil belajar membuat belahan dua lajur kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel = 0,131< 0,180 dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel = 0,139 < 0,180. Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,23 < 2,00 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 14,5 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 47 sebesar 1,7. Dengan demikian thitung > ttabel (14,5 > 1,7). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil belajar Membuat Belahan
Busana Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Beringin. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) baik digunakan di SMK Negeri 1 Beringin terutama dalam mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 032 |
Keywords: | BELAHAN BUSANA, LEMBAR KERJA, LKPD |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:55 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34139 |