SINULINGGA, ABDI AYANDA (2018) PEMAHAMAN TUTOR TENTANG PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA DALAM PROGRAM PENDIDIKAN NON FORMAL DI SKB SERDANG BEDAGAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143171001_COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 1143171001_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 1143171001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1143171001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1143171001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 1143171001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143171001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143171001_BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
12. NIM. 1143171001_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 1143171001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman tutor tentang pendidikan orang dewasa terhadap pelaksanaan program PNF di SKB Serdang Bedagai. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat pemahaman tutor tentang pendidikan orang dewasa terhadap pelaksanaan program PNF di SKB Serdang Bedagai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis andragogi dalam memperhatikan prinsip-prinsip dan strategi pembelajaran orang dewasa. Menurut Djudju Sudjana (2007) menjelaskan Prinsip prinsip tersebut adalah sebagai berikut: konsep diri, akumulasi pengalaman, kesiapan belajar, pemanfaatan hasil belajar, kemampuan belajar dan keterlibatan aktivitas mental dan fisik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif, subjek penelitian ini berjumlah 7 orang, teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman tutor tentang prinsip pendidikan orang dewasa terhadap pelaksanaan program PNF di SKB Serdang Bedagai baik, tutor memahami beberapa prinsip pendidikan orang dewasa yaitu konsep diri, akumulasi pengalaman, kesiapan belajar, pemanfaatan hasil belajar, kemampuan belajar dan keterlibatan aktivitas mental dan fisik, dengan melaksanakan indikator-indikator tersebut, maka tutor akan memahami
prinsip belajar orang dewasa dan kedepanya orang dewasa dapat belajar hidup mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya melalui indikator-indikator yang diberikan oleh tutor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PLS 028 |
Keywords: | Pemahaman Tutor, Prinsip Pendidikan Orang Dewasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:50 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34133 |