Vanny, Galuh Lintar Pramitha (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KORESPONDENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI DI KELAS X A.P SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143341033 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM. 7143341033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
3. NIM. 7143341033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
4. NIM. 7143341033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 7143341033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. NIM. 7143341033 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 7143341033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 7143341033 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7143341033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
13. NIM 7143341033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 7143341033 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version
Download (33kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar korespondensi, 2) pengaruh persepsi terhadap prestasi belajar korespondensi, 3) pengaruh keterampilan mengajar guru dan persepsi siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar korespondensi siswa kelas X A.P SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Prayatna 1 Medan dengan populasi sebanyak 104 siswa dan sampel sebanyak 51 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan mengajar guru dan persepsi belajar berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar korespondensi siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai korespondensi siswa kelas X A.P SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.A 2017/2018. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.0.
Variabel dalam penelitian ini adalah: 1) keterampilan mengajar guru merupakan seperangkat kemampuan guru dalam melatih dan mengajar menggunakan tindakan yang berbeda-beda sesuai dengan waktu, keadaan dan suasana tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal, 2) persepsi adalah proses masuknya pengalaman tentang objek dan peristiwa yang berupa pesan atau informasi kedalam otak manusia yang kemudian membentuk proses berfikir, 3) prestasi belajar pada mata pelajaran korespondensi adalah hasil yang diperoleh siswa setelah mempelajari mata pelajaran Korespondensi yang berupa penguasan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dapat diukur dengan tes dimana hasilnya dalam bentuk angka atau symbol. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 27,508 + 0,521 X1 + 0,096 X2 + e. Hasil uji-t diperoleh thitung = 14,229 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung = 2,237 dengan taraf signifikan 0,030 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 103,725 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar korespondensi, 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi terhadap prestasi belajar korespondensi, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar korespondensi siswa X A.P SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 034 |
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru, Persepsi, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:50 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34132 |