ROSLIANA (2018) PENERAPAN KOLOABORASI MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING STRATEGI DENGAN METODE BRAINSTROMING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK N 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342033_COVER.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
2. NIM. 7143342033_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
3. NIM. 7143342033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
4. NIM. 7143342033_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7143342033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 7143342033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7143342033_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7143342033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7143342033_BAB I.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
13. NIM. 7143342033_BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 7143342033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan hasil belajar
akuntansi siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Medan Swasta TP. 2018/2019 melalui penerapan Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Genius Learning Strategy Dengan Metode Brainstorming. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan TP. 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Penerapan
Kolaborasi Model Pembelajaran Genius Learning Strategy Dengan Metode Brainstorming. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu :
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif.
Dari hasil pemberian angket motivasi diperoleh hasil motivasi siswa pada siklus I terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 4 siswa (11,11%), motivasi belajar yang sedang sebanyak 22 siswa (61,11%) dan
motivasi Belajar rendah sebanyak 10 siswa (27,77% ) dan tidak ada siswa (0%) untuk tidak termotivasi dan mengalami peningkatan disiklus II yaitu sebanyak 26 siswa (72,22%) yang memiliki motivasi belajar tinggi, dan motivasi belajar
sedang sebanyak 10 siswa (27,77%) serta 0 siswa atau (0%) untuk siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan tidak termotivasi. Dari hasil analisis data diperoleh data test hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre test 55,36 dengan siswa yang tuntas 5 siswa ( 23,88%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 68 dengan siswa yang tuntas 15 siswa (41,66%) dan meningkat dihasil post test siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 77,22 dengan siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa (86,11%).
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Genius Learning Strategy Dengan Metode Brainstorming dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada materi Jurnal Khusus Perusahaan Dagang Di Kelas XI Akuntansi SMK
Negeri 1 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 077 |
Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Genius Learning Strategi, Metode Brainstroming |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:45 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34123 |