FARIDANI, MUTIA RISKA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342026_COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 7143342026_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 7143342026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 7143342026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 7143342026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 7143342026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM. 7143342026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7143342026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. NIM. 7143342026_BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
13. NIM. 7143342026_BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. NIM. 7143342026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Abalysis lebih tinggi disbanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional siswa kelas XI Ak SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajarn 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Ak SMK Swasta Pryatna 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang beralamat di Jalan Letda Sujono No. 403 Medan Tembung, Kota Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI Ak SMK Swasta Prayatna 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Siswa yang dijadikan sampel berjumlah 60 orang, yaitu kelas XI Ak 1 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ak 2 sebanyak 30 orang sebagai
kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa soal berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dikutip dari buku teks siswa kelas XI Akuntansi sehingga sudah teruji valid dan reabilitas.Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, dan varians. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 95% α = 0,05. Hasil analisa data pretest di kelas eksperimen sebelum diajarkan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis diperoleh rata-rata 47,83 dengan standar deviasi 13,50. Sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai pretest rata-rata 51,00 dengan standar deviasi 13,67. Nilai post-testdi kelas eksperimen
setelah diajarkan dengan model pembelaran Means Ends Analysis diperoleh ratarata 81,00 dengan standar deviasi 8,85. Sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai
rata-rata post-test 70,17 dengan standar deviasi 11,10. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, dengan taraf signifikan 95% α = 0,05 diperoleh > yaitu 4,534 > 1,671 yang berarti hasil belajar akuntansi siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis tinggi secara signifikan viiiisbanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konfensional. Sehingga hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakaan model pembelajaran Means Ends Analysis lebih tinggi viiiisbanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional siswa kelas XI Ak SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 076 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Means Ends Analysis |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:43 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34120 |