PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

FARIDANI, MUTIA RISKA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143342026_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143342026_COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143342026_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143342026_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143342026_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143342026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143342026_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143342026_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143342026_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143342026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143342026_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143342026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143342026_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143342026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143342026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143342026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143342026_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143342026_BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143342026_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143342026_BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143342026_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143342026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Abalysis lebih tinggi disbanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional siswa kelas XI Ak SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajarn 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Ak SMK Swasta Pryatna 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang beralamat di Jalan Letda Sujono No. 403 Medan Tembung, Kota Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI Ak SMK Swasta Prayatna 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Siswa yang dijadikan sampel berjumlah 60 orang, yaitu kelas XI Ak 1 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ak 2 sebanyak 30 orang sebagai
kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa soal berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dikutip dari buku teks siswa kelas XI Akuntansi sehingga sudah teruji valid dan reabilitas.Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, dan varians. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 95% α = 0,05. Hasil analisa data pretest di kelas eksperimen sebelum diajarkan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis diperoleh rata-rata 47,83 dengan standar deviasi 13,50. Sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai pretest rata-rata 51,00 dengan standar deviasi 13,67. Nilai post-testdi kelas eksperimen
setelah diajarkan dengan model pembelaran Means Ends Analysis diperoleh ratarata 81,00 dengan standar deviasi 8,85. Sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai
rata-rata post-test 70,17 dengan standar deviasi 11,10. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, dengan taraf signifikan 95% α = 0,05 diperoleh > yaitu 4,534 > 1,671 yang berarti hasil belajar akuntansi siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis tinggi secara signifikan viiiisbanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konfensional. Sehingga hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakaan model pembelajaran Means Ends Analysis lebih tinggi viiiisbanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional siswa kelas XI Ak SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 076
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Means Ends Analysis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:43
Last Modified: 18 Apr 2019 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34120

Actions (login required)

View Item
View Item