PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

HASMUTIADARA, CUT (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3143121010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3143121010 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3143121010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3143121010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3143121010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3143121010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3143121010 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3143121010 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3143121010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3143121010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3143121010 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3143121010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3143121010 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3143121010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3143121010 LIST OF ATTACMENT.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3143121010 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 3143121010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 3143121010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 3143121010 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM 3143121010 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 3143121010 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11. NIM 3143121010 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 3143121010 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM 3143121010 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (870kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3143121010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3143121010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 3143121010 BLIBIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 3143121010 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 3143121010 ENCLOUSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM 3143121010 ENCLOUSURE.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis quasi experimental design atau eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Minat Belajar
Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 27 Medan dengan total 9 kelas yang berjumlah 300 orang siswa. Pengambilan sampel secara cluster random sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan kelas kontrol diberi pengajaran dengan menggunakan pembelajaran konvesional (ceramah). Penelitian ini menggunakan bentuk desain non-equivalent control group design atau pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala interval 1 sampai dengan 5. Sebelum diberi perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel diperoleh nilai “t” atau to kuesioner pre-test yaitu 0,30 yang menunjukkan rendahnya minat belajar IPS baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan, penggunaan model pembelajaran CTL pada kelas eksperimen, terjadi perubahan
minat belajar siswa dimana siswa menjadi tertarik, aktif, dan senang terlibat dalam segala kegiatan pembelajaran IPS. Di sisi lain, kelas kontrol yang tetap menerapkan
model ceramah tidak menunjukan perubahan minat belajar, karena siswa terbilang tidak semangat serta pasif selama pembelajaran IPS. Skor hasil rata-rata post-test juga
menunjukkan perubahan yang signifikan, terutama pada kelas eksperimen dengan rata-rata skor pre-test 77,61 meningkat menjadi 83,16. Dari hasil uji hipotesis data post-test kepada kedua kelas sampel, diperoleh nilai “t” atau to kuesioner post-test yaitu 2,04. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2,04 > 2,00 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima, dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 27 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 SJRH 029
Keywords: Model Pembelajaran CTL, IPS, Minat Belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1106 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:37
Last Modified: 30 Sep 2021 08:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34112

Actions (login required)

View Item
View Item