KHAIRANI, RAHMAH (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111016_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 1142111016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3. NIM. 1142111016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1142111016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM. 1142111016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1142111016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 1142111016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1142111016_BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
12. NIM. 1142111016_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 1142111016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Masalah atau tujuan rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan metode Outdoor Study dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui metode Outdoor Study pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan SD Negeri 101767 Tembung. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Outdoor Study dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Dalam setiap siklus dilakukan melakaui 4 tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini memiliki dua variabel. Variabel pertama adalah kemampuan
menulis dan variabel kedua adalah metode outdoor study. Kemampuan menulis adalah kemampuan menulis adalah pemindahan objek yang dipikirkan ke dalam bentuk tulisan yang berupa ide atau gagasan, ungkapan perasaan berdasarkan
informasi awal berupa sistem bahasa. Misalnya berupa karya tulis maupun karangan. Metode outdoor study adalah suatu metode pembelajaran yang memanfaatkan alam sekitar sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar yang dilakukan di luar ruang kelas, sehingga peserta didik dapat lebih dekat dengan objek belajarnya. Berdasarkan analisis data pada siklus I Pada siklus I terdapat sebanyak 6
orang siswa 19.35% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 25 orang siswa 93.64% mendapat nilai belum tuntas. Nilai rata-rata siswa pada siklus I ini adalah 60.64. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal dengan rincian sebanyak 28 orang siswa 90.32% mendapat nilai tuntas, dan 3 orang siswa 9.67% mendapat nilai belum tuntas. Nilai rata-rata yang diperoleh dari siklus II adalah 75.80.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode outdoor study dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 101767
Tembung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 447 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:31 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34098 |