PRABOWO, ARIF (2018) PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN MEDIA REAL LAB DAN MEDIA VIRTUAL LAB PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141131002 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 4141131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM. 4141131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4141131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM. 4141131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM. 4141131002 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 4141131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 4141131002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM. 4141131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
13. NIM. 4141131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 4141131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Real Lab dan Virtual lab dan untuk mengetahui korelasi antara hasil belajar dengan media real lab dan virtual lab terhadap keaktifan belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelian adalah dua kelas
yang berjumlah 30 siswa yang di ambil dengan teknik puposive sampling yaitu kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Virtual lab dan kelas ekperimen 2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Real Lab. Instrumen penelitian adalah tes dan non-tes. Tes objektif berupa pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, tingkat
keesukaran, dan daya pembeda untuk data hasil belajar kimia siswa. Instrumen non-tes adalah lembar observasi keaktifan belajar siswa. hasil uji hipotesis I dengan analisis uji t dua pihak menunjukkan thitung > ttabel (2,67>2,39), berarti Ho di tolak dan Ha diterima yaitu hasi belajar dengan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan media Virtual lab memiliki perbedaan yang signifikan dengan media real lab. Hasil uji hipotesis II dengan analisis korelasi
menunjukkan rhitung > rtabel (0,55 > 0,361) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar dengan media virtual lab memiliki korelasi yang signifikan dengan keaktifan belajar siswa. Hasil uji hipotesis III dengan analisis korelasi menunjukkan rhitung > rtabel (0,49 > 0,361) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar dengan media real lab memiliki korelasi yang signifikan dengan keaktifan belajar siswa. Rata-rata nilai keaktifan siswa kelas eksperimen 1 yaitu 72,67 dan kelas eksperimen 2 yaitu 74,89.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 148 |
Keywords: | PjBL, virtual lab, real lab, hasil belajar, keaktifan siswa, titrasi asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:28 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34095 |